jump to navigation

Bahaya Bagi Pengguna Bluetooth Oktober 3, 2007

Posted by IrwanKarta in Fun & Gadget, Science & Computer.
trackback

Lindungi ponsel, PDA atau laptop Anda dari serangan melalui bluetooth. Berdasarkan riset Insight Express, 73 persen pengguna perangkat mobile tidak waspada terhadap resiko keamanan dalam penggunaan Bluetooth. Ancaman paling umum yang bisa terjadi adalah bluejacking, bluesnarfing, dan bluebugging bagi keahlian tingkat tinggi.

  • Bluejacking adalah teknik untuk mengirimkan pesan teks yang tidak dikehendaki (spam) kepada pengguna melalui bluetooth.
  • Bluesnarfing adalah akses ilegal terhadap informasi yang ada pada ponsel melalui koneksi bluetooth. Hal ini memungkinkan hacker/pelaku untuk menyalin isi data ponsel termasuk daftar kontak, email, sms, dan bahkan photo atau video pribadi *ini yang paling bahaya hehe*
  • Bluebugging adalah ancaman yang paling serius. Hacker atau pelaku memungkinkan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim dan menerima sms, melihat dan memodifikasi daftar kontak, menyadap percakapan telepon, dan konek ke Internet.

Berikut empat saran yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut:

  • Selalu offline: Matikan fungsi bluetooth apabila tidak dipergunakan. Jika kita memiliki perangkat bluetooth namun tidak ingin menggunakannya maka nonaktifkan.
  • Selalu invisible: Jika kita menggunakan bluetooth namun tidak perlu menampilkan ID perangkat untuk pengguna lain, pastikan visibility setting di set ke “hidden” sehingga pelaku yang mempunyai niat jahat tidak dapat mengetahuinya.
  • Verifikasi transmisi yang masuk: Jangan terima atau buka attachments/lampiran dari sumber yang belum dikenal.
  • Pasang password: Idealnya, pakai password dengan digit yang panjang. Empat digit password/PIN dapat dibongkar dalam beberapa detik saja, dan enam digit PIN hanya 10 detik, PIN diatas 10 digit diperlukan sekitar seminggu untuk dicrack.

Saya yakin kita semua pernah mendengar saran dan peringatan keamanan ini, tapi tidak ada salahnya untuk mengingatkan. Silahkan berbagi apabila ada saran atau pengalaman lain.

Komentar»

1. dota - Oktober 4, 2007

masukan aja virus hidrawin32 convert ke file zip dan ganti nama virus itu menjadi nama file penting maka akan membuat penasaran, setelah itu masukan dalam ponsel klo di sony ericsson pada lain-lain/order dijamin ponsel kamu aman namun bagi yang mengirim Bluejacking. dia akan kena batunya heeeheheheeee.
hal ini terjadi apabila kita ada di mol betul gak…………

2. atmo4th - Oktober 5, 2007

di mal di angkot, lah.. mending offline aja biar aman.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: